oleh

Sekda Kabupaten Gorontalo Ikuti Webinar Pedoman Penyusunan APBD 2021

LIMBOTO/Habarilolipu.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Ir. Hadijah Tayeb mengikuti Web Seminar (Webinar) Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 64 Tahun 2020, tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2021.

Webinar dilaksanakan melalui Video Converce (Vidcon), Rabu (12/8/28).

Sekda Hadijah saat ditemui menyampaikan bahwa, secara umum ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan APBD 2021.

Pertama Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Daerah dengan Kebijakan Pemerintah Pusat. Kedua, Prinsip penyusunan Anggaran Tahun 2021. Ketiga, Kebijakan Perencanaan 2021. Dan keempat, Teknis Penyusunan Anggaran Tahun 2021.

Berdasarkan 4 hal tersebut, maka waktu penyusunan APBD Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan berbeda daerah lainnya di Provinsi Gorontalo. Mengingat di akhir tahun ini masih menghadapi tahapan pilkada.

“Kabupaten Gorontalo termasuk dari 3 kabupaten berbeda di Provinsi Gorontalo, karena pada bulan Desember ini akan melaksanakan Pilkada tahun 2020. Disisi lain penyampaian visi – misi Kepala Daerah disampaikan setelah siapa Bupati Wakil Bupati terpilih,” kata Sekda Ir. Hadijah.

“Maka dalam webinar tadi, Kemendagri telah memberikan petunjuk bahwa berdasarkan perencanaan yang ada itu akan disesuaikan dengan visi-misi Bupati Waki Bupati terpilih. Karna program dan perencanaan harus jalan,” lanjutnya.

Melalui webinar tersebut, Kemendagri juga menegaskan bahwa berbagai kegiatan pemerintahan masih akan fokus pada pemulihan dampak Covid-19.

“Jadi, masih lebih banyak untuk pemulihan karena dampak Covid-19 sampai 2021, sehingga ada beberapa petunjuk teknis disampaikan kepada pemerintah daerah dijadikan pedoman penyusunan anggaran APBD 2021,” pungkas panglima ASN itu.

Komentar

News Feed