oleh

Sekda : Pentingya Peran Pemandu Wisata Dalam Mempromosikan Wisata Di Daerah

LIMBOTO/Habarilolipu.com– Pemerintah Kabupaten Gorontalo meenggelar Pelatihan Pemandu Wisata Geopark tingkat Kabupaten Gorontalo Tahun 2020, melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Parawisata. yang berlangsung di Resto Pentadio Resot Kecamatan Telaga Biru.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pemandu wisata. Untuk mendukung dan meningkatkan kualitas destinasi parawisata dan daya saing kepariwisataan daerah.

Serta meningkatkan kesejateraan dan produtivitas masyarakat lokal serta perluasan kerja di sektor parawisata khususnya bidang geowisata maupun mendorong eksistensi penyedia layanan sektor penyedia layanan sektor usaha kepariwisataan yang lebih profesional

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanngal 13-14 Agustus 2020 dan di ikuti 50 orang peserta terdiri dari. Pokdarwis/Pengelolah Destinasi 28 orang, Kepala Desa di Desa Wisata 3 orang, unsur Dinas parawisata 11 orang, unsur HPI, IDWI 8 0rang.

Pelatihan ini merupakan satu hal sangat baik sekali untuk bisa memajukan kembali dunia pariwisata yang kemarin sempat terpuruk adanya pandemi covid-19, sehingga menghidupkan kembali parawisata dengan memberikan pelatihan bagi para pemandu wisata yang ada di Kabupaten Gorontalo, untuk bisa meningkatkan sumber daya manusia atau (SDM) bagi dan kemampuan teknik-teknik bagi melakukan pemandu wisata.

” Majunya satu destinasi wisata adanya peran dari pemandu wisata bisa melaksanakan tugas dengan baik menguasai destinasi wisata yang ada dan segala aktivitas kegiatan budaya berupa kuliner, karawo di daerah merupakan hal dalam mempromosikan kemajuan dunia pariwisata yang ada di daerah Gorontalo”, ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Hadijah Tayeb usai membuka pelatihan tersebut Kamis (13/8/20).

Disamping itu, Hadijah menambahkan dapat mengikuti materi yang diberikan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan peserta untuk melakukan pemanduan wisata di setiap wisatawan yang datang berkunjung di Kabupaten Gorontalo. menguasai teknik-teknik.

” Karena dengan tangan mereka pariwisata kabupaten Gorontalobisa maju, pada prinsipnya orang yang datang berwisata mereka enjoy dan bahagia bila mereka dapatkan hal seperti itu akan berkunjung kembali serta mengajak kembali sanak keluarga untuk berwisata”, pungkas Panglima ASN Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu, kadis Disporapar Syamsul Baharrudin menyampaikan, pelatihan khsusnya bidang pawawisata sudah tiga kali dilaksanakan yakni pelatihan peamandu wisata, pengelolah sarana objek wisata kemudia hari ini geoparark merupakan program pemerintah pusat bersinergi dengan pemerintah daerah.

” Bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dan Dana Alokasi Umum (DAU), bahkan pelatihan ini masih akan dilaksanakan dua kali untuk lebih memacu para pemandu wisata di Kabupaten Gorontalo dengan menerapakan protokol kesehatan sehingga petingnya pelatihan tersebut. Disamping itu juga dapat meningkat Pendapatan Asli Daerah (PAD)”, tutup Syamsul.

Pelaksanaan pelatihan pemadu wisata geopark di awali dengan penyamatan tanda peserta oleh Sekretaris di dampinggi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik (Setda) kabupaten Gorontalo secara simbolis.(IKP11)

Komentar

News Feed