oleh

Nelson: Ekraf Bisa Tekan Angka Kemiskinan dan Pengangguran

LIMBOTO, HL – Pemerintah Kabupaten Gorontalo mempertegas langkah dengan menggairahkan potensi ekonomi kreatif (ekraf) karena menilai sektor itu bisa menjadi solusi untuk menangani persoalan kemiskinan dan pengangguran. Sesuai rencana, Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, bakal memperbesar anggaran ekraf melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata.

“Di dalam RPJMD kita terdapat program unggulan dibidang ekonomi, yaitu pertanian terpadu dan ekonomi kreatif, maka dengan ekraf  ekonomi akan lebih cepat disamping kegiatan ekonomi lain. Ini bisa menurunkan kemiskinan dan pengangguran”, kata Nelson pada pelaksanaan forum silaturahmi ekonomi kreatif tripartit, antara pelaku usaha ekonomi kreatif dan Pemerintah Daerah, Kemenkumham, Kemenag, Perbankan dan Pengusaha Ritel, Selasa (2/4), di kawasan obyek wisata Pentadio Resort.

Ia juga mengajak masyarakat lebih aktif terlibat dalam aktivitas ekraf karena akan menjadi lebih kreatif dan giat. “Karena pikirannya akan terus berinovasi untuk membuat produk-produk berkualitas. Bahkan pemasarannya telah dipikirkan terlebih dahulu. Disinilah peran Pemerintah akan membimbing ataupun memfasilitasi dengan permodalan dan legalitas,” ujarnya.

 

Pameran Ekonomi Kreatif 2019
Bupati Gorontalo tinjau pameran hasil ekonomi kreatif di Pentadio Resort, Selasa (2/4). (Foto: Joni Mile/Kominfo)

 

Terbentuknya ekraf di Kabupaten Gorontalo nampak berhasil menarik apresiasi dari Pemerintah Daerah. Bupati Nelson bahkan menyatakan dukungannya ekraf dengan mengalokasikan anggaran cukup besar di waktu akan datang.

“Memang anggarannya masih terbatas, namun tidak menutup kemungkinan anggaran ekraf kedepan akan besar. Disporapar telah merancang program mereka. Kita perbesar lagi di perubahan anggaran nanti”, katanya.

Tak hanya itu, Bupati menegaskan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perbankan dan perusahaan-perusahaan retail akan diarahkan untuk menyokong ekraf di daerah ini. (JnMile/Kominfo).

Komentar

News Feed