oleh

Kabupaten Gorontalo ambil bagian di STQH 2019

GORONTALO, HL – Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengutus kafilah pada ajang seleksi tilawatil Quran dan hadits (STQH), tingkat Provinsi tahun 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Gorontalo di Asrama Haji, mulai tanggal 18 hingga 21 April 2019. Kegiatan dibuka Wakil Gubernur Idris Rahim, Kamis (18/4).

Personil Kabupaten Gorontalo pada STQH turut bersaing dengan daerah lainnya dalam beberapa cabang yang dilombakan, masing-masing, tilawah Al Quran golongan anak-anak dan dewasa putra putri, tahfidz Al Quran golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz putra putri, serta cabang hafalan hadits golongan 100 hadits bersanad dan 500 hadits tanpa sanad putra putri.

Melalui keikutsertaan itu, para kafilah berharap akan meraih predikat terbaik sehingga bisa berpartisipasi mewakili Provinsi Gorontalo pada STQH tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dalam waktu dekat.

Pengukuhan Pengurus LPTQ Kabupaten Gorontalo periode 2019-2021
Pengukuhan Pengurus LPTQ Kabupaten Gorontalo periode 2019-2021 oleh Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson Pomalingo, M.Pd, Sabtu, 13 April 2019 di Masjid Agung Baiturrahman Limboto.

Untuk mengorganisir potensi dimiliki para kafilah di Kabupaten Gorontalo diajang STQH tahun 2019, Bupati Nelson Pomalingo menunjuk dan mengukuhkan Hadijah U. Tayeb sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawati Qur’an (LPTQ) Kabupaten Gorontalo beserta para pengurus periode 2019-2021.

Bupati Nelson dalam arahannya, menegaskan pengurus LPTQ Kabupaten Gorontalo bertanggunga jawab membina penyelenggaraan pengkajian dan klasifikasi ayat-Al-Qur’an yang terdiri dari cabang-cabang tafsir (penafsiran), tahfidz (hafalan), tilawah dan qira’at (baca dan lagu) , khat (tulisan indah Al Qur’an), fahmil (cerdas cermat Al Qur’an) serta syarah (puitisasi). Sehingga demikian maka potensi yang dimiliki akan terkelola dengan baik.

“Pengurus ini saya harapkan akan menyiapkan dan mendampingi kafilah Kabupaten Seleksi Tilawati Qur’an dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Gorontalo”, kata Nelson.

Dipihak lain, rombongan kafilah dibawah koordinasi Ketua LPTQ Hadijah U. Tayeb, yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo itu, diharapkan total menunjukkan kemampuan dan bisa meraih predikat terbaik untuk beroleh kesempatan menjadi wakil Provinsi ke tingkat Nasional.

(#RiriLihawa/#JoniMile)

Komentar